Pada Sabtu 18 Februari 2023, Sahabat-sahabat dari Gereja-gereja Kristen Jawa (GKJ) akan mengunjungi STFT Jakarta dalam rangka perayaan hari ulang tahun GKJ ke-92. Kunjungan ini merupakan wujud relasi dan kerja sama Gereja-gereja Kristen Jawa sebagai sinode gereja pengelola dengan STFT Jakarta sebagai sekolah teologi ekumenis tertua di Indonesia. Dalam menyambut sahabat-sahabat dari GKJ, ketua STFT Jakarta Pdt. Septemmy Eucharistia Lakwa, Th.D memberikan sambutan sebagai berikut:

Para peserta perayaan HUT GKJ ke-92 yang terkasih,
Salam sejahtera dalam Kristus!
Komunitas STFT Jakarta menantikan kedatangan sobat semua di kampus Proklamasi pada tanggal 18 Pebruari yang akan datang. Kunjungan sobat ke Sekolah Tinggi Filsafat Theologi Jakarta mewujudkan relasi dan kerja sama Gereja-gereja Kristen Jawa, sebagai salah satu sinode gereja pengelola, dengan sekolah teologi ekumenis tertua di Indonesia ini. Selama berada di kampus STFT Jakarta, sobat akan beribadah bersama, mendengar pemaparan tentang program “Green Campus, Blue Seminary,” dan mendalami bersama laku hidup yang berorientasi pada keadilan ekologis. Pada saat yang ditentukan, sobat akan berada dalam tiga pojok belajar yang telah disiapkan, mengikuti pembagian kelompok yang diatur oleh panitia HUT GKJ. Berikut ini adalah penjelasan tentang ketiga pojok belajar yang akan diikuti.

  1. “Teologi Hijau, Komunitas Biru”
    Dipimpin oleh mahasiswi/a kelas Laboratorium “Teologi Hijau, Komunitas Biru,” pojok belajar ini akan menyajikan pembahasan mengenai pemahaman biblis tentang air dan tanah, krisis ekologi di beberapa tempat di Indonesia, dan dampak dari fast fashion pada alam.
  2. “Makanan bagi Hidup yang Berkelanjutan”
    Bagaimana makanan yang kita santap berkontribusi untuk melestarikan alam sekeliling kita dan mewujudkan keadilan ekologis? Dalam pojok belajar ini, peserta akan mendalami spiritualitas keadilan ekologis melalui “Sepuluh Hukum Makanan” yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.
  3. “Pengolahan Sampah”
    Pojok belajar ini menolong peserta mendapatkan pemahaman dan ketrampilan mengolah sampah sehingga menjadi sesuatu yang bermanfaat, dapat digunakan kembali, dan mendorong upaya pelestarian lingkungan hidup.
    Meskipun persekutuan kita di kampus STFT Jakarta hanya terjadi sebentar saja, kami mengharapkan sobat berkenan untuk terlibat dalam mempraktikkan laku hidup yang berorientasi pada upaya menjadikan bumi sebagai rumah yang lestari dan kampus STFT Jakarta sebagai kampus hijau dengan tidak minum dari air kemasan (mohon membawa 2 tumbler) dan meminimalkan produksi sampah, terutama dengan menghindari pemakaian kantong plastik.
    Kami tunggu kedatangan sobat-sobat GKJ terkasih di kampus STFT Jakarta!

Salam Kasih,

Pdt. Septemmy Eucharistia Lakawa, Th.D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *