Sanda Mongan atau akrab disapa Sanda adalah mahasiswa program doktoral asal Gereja Toraja. Ia telah menempuh ujian disertasi pada tanggal 7 Agustus 2023. Tema penelitian dari Justcie adalah Katekisasi Sidi Transformatif: Sebuah Upaya Rekonstruksi Kurikulum Katekisasi Sidi Bercorak Kesadaran Sosial di Huria Kristen Indonesia.

‚ÄúTulisan saya berkontribusi untuk pendidikan kristiani di gereja terkhusus pelayanan katekisasi. Kurikulum Katekisasi Sidi Transformatif memiliki potensi untuk memperkuat ajaran iman dan juga mempromosikan kesadaran sosial melalui integrasi isu-isu sosial yang relevan ke dalam materi pengajaran katekisasi.” Ungkap Justice. Menurutnya, kontribusi ini bertujuan untuk menjembatani antara iman dalam katekisasi dengan realitas kehidupan sehari-hari. Implementasi kurikulum ini sangat penting sesuai dengan ideologi gereja yang menjadi sumber inspirasi, mendorong adanya adaptasi dan inovasi dalam penyampaian ajaran. Katekisasi taranformatif memfasilitasi pengajaran iman melalui pengalaman iman yang konkret dan terintegrasi dalam kehidupan masyarakat.

Selama proses studi di STFT Jakarta, ia merasa sangat bangga dibimbing oleh dosen-dosen yang memiliki keahlian yang luar biasa dibidangnya, menikmati budaya kampus yang menjunjung disiplin namun tetap ramah, dan bersyukur mendapatkan kesempatan untuk studi di Belanda selama 1 semester melalui program Sandwich yang digagas oleh Dirjen Bimas Kristen dan STFT Jakarta. Berbicara mengenai tantangan, ia menjelaskan bahwa tantangan yang harus dihadapi selama studi di STFT Jakarta yaitu ketika harus mengikuti 2 semester dalam 6 bulan pertama perkulihan. Situasi itu semakin rumit dengan hadirnya pandemi yang memengaruhi ketersediaan/sulitnya mendapatkan resource untuk mendapatkan literatur pendukung dalam menyelesaikan tugas-tugas.

Berdasarkan pengalamannya, Justice memberikan pesan bagi kita semua: “Sukses berjalan dari satu kegagalan ke kegagalan yang lain, tanpa kita kehilangan semangat, karena di dalam setiap kegagalan terdapat pelajaran berharga yang memperkuat tekad dan mengasah kemampuan kita untuk menghadapi tantangan yang lebih besar di masa depan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *