Trust me Theology is Fun merupakan salah satu jargon yang sering digunakan oleh sivitas STFT Jakarta. Jargon tersebut tidak hanya sering disebut tetapi juga terwujud, salah satunya di kegiatan PROSPEK STFT Jakarta 2021. PROSPEK merupakan rangkaian kegiatan pengenalan elemen kampus sebelum para mahasiswa baru menjalani proses studi di STFT Jakarta. PROSPEK STFT Jakarta 2021 dilaksanakan secara virtual dan berlangsung selama tiga hari, yakni pada tanggal 10, 12, dan 13 Agustus 2021.

Pada PROSPEK 2021, STFT Jakarta telah menerima sebanyak 41 mahasiswa baru program sarjana, 31 mahasiswa baru program magister, dan 11 calon mahasiswa baru program doktoral. Kegiatan PROSPEK di hari pertama dibuka dengan ibadah dan kata sambutan dari Wakil Ketua 3 STFT Jakarta Bidang Kemahasiswaan, Novy Amelia Sine, M.Th., dan Ketua PROSPEK STFT Jakarta 2021, Reza Haryoga, mahasiswa program studi sarjana STFT Jakarta. Setelahnya, para peserta PROSPEK diberi pemaparan mengenai struktur di STFT Jakarta. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan Tim Pemimpin dan Dosen STFT-J, penjelasan kultur studi dan metode pembelajaran virtual, perkenalan Administrasi dan Akademik, perkenalan Administrasi Keuangan, perkenalan Administrasi Kemahasiswaan, pedoman anti kekerasan, STFT dalam nyanyian, dan ibadah penutup.

Pada hari kedua, kegiatan PROSPEK kembali dibuka dengan ibadah dan dilanjutkan dengan sesi perkenalan Perpustakaan, Unit Teknologi Informasi dan Publikasi, dan Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Para peserta PROSPEK diajak untuk berkenalan dengan unit-unit yang ada di kampus sehingga nantinya ketika perkuliahan dimulai para mahasiwa baru sudah mengenal unit-unit yang menunjang proses studi di kampus. Selanjutnya kegiatan PROSPEK dilanjutkan dengan Kuliah Umum bagi mahasiswa baru program studi sarjana, dan sharing pengalaman bagi mahasiswa baru pasca-sarjana. Para mahasiswa baru program sarjana mengikuti Kuliah Umum yang dipimpin oleh Pdt. Asigor Sitanggang, Th.D., dosen tetap STFT Jakarta dibidang Perjanjian Baru. Sitanggang membawakan materi berjudul “Why Theology ?” yang bertujuan untuk mengajak para mahasiswa baru merefleksikan kembali alasan memilih sekolah teologi dan prospek di jurusan teologi. Selanjutnya, pada hari kedua sebelum ibadah penutup, para peserta mengikuti sesi perkenalan dengan Administrasi Formasi Spiritual Ekumenis.

Jika pada hari-hari sebelumnya peserta diajak berkenalan dengan struktur dan unit-unit yang ada di kampus. Pada hari terakhir, peserta diajak berkenalan dengan kehidupan mahasiswa/i STFT Jakarta. Prospek dimulai dengan ibadah pagi, dilanjutkan dengan Sosialisasi Buku Penulisan dan Anti Plagiarisme. Setelah beristirahat sejenak, para peserta mengikuti sesi “Kata Alumni: What Can I Do With Theology?. Seperti namanya, sesi ini mengajak empat orang alumni untuk menjadi pembicara membahas mengenai apa yang telah dilakukan oleh mereka dengan ilmu teologi yang telah mereka pelajari. Keempat alumni tersebut adalah Pdt. Martin Lukito Sinaga., Pdt. Yolanda Pantou, Hans Abdiel Harmakaputra, Ph.D., dan Pdt. Troitje Patricia A Sapakoly. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan sesi perkenalan organisasi mahasiswa yang ada di kampus seperti BEM, DPM, UKM, dan BO STFT Jakarta.

This image has an empty alt attribute; its file name is Screenshot-27-1024x576.png

Sebelum menutup PROSPEK STFT Jakarta 2021, peserta diajak untuk memberikan kesan dan pesan setelah mengikuti kegiatan ini selama tiga hari dengan mengisi link yang telah dibagikan oleh panitia. Para peserta mengaku puas dengan prospek yang diadakan. Hal ini disebabkan karena panitia sudah belajar dari PROSPEK 2020 yang juga dilaksanakan secara online dan membuat beberapa peningkatan. Sehingga meskipun dilaksanakan secara online, peserta tetap dapat menikmati materi yang informatif dan menarik. Di tambah istirahat dan ice breaking yang hadir setiap harinya membuat suasana antar peserta menjadi lebih cair, santai dan ceria. Pada akhirnya, PROSPEK STFT Jakarta 2021 ditutup dengan ibadah penutup dan yang menjadi pengkhotbah adalah dosen dan juga alumni STFT Jakarta yakni Erich Marthin Hutahaean, M. Th.,

Selamat memulai peziarahan intelektual dan iman di STFT Jakarta bagi para mahasiswa baru di STFT Jakarta dan selamat melanjutkan pergumulan teman-teman mahasiswa STFT Jakarta. (GHT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *