Pada hari Kamis-Jumat, 12-13 Oktober 2023, Sekolah Tinggi Filsafat Theologi Jakarta (STFT Jakarta) menjadi fasilitator retreat sekretariat BPK Penabur Jakarta tahun 2023 dengan tema”Walking Together, Growing Together”. Acara ini dilaksanakan di Lembah Permai Ressort, Cipanas. Acara yang berlangsung selama dua hari ini diisi dengan berbagai kegiatan yang menumbuhkan rasa kerja sama dan kebersamaan antar karyawan.

Hari pertama, peserta tiba di lokasi retreat pada pukul 10.20. Setelah semua peserta berkumpul, acara dibuka dengan ibadah pembuka yang dibawakan oleh Pdt. Peter Abet Nego Wijaya. Tema yang dibawakan dalam ibadah pembuka adalah “Hati yang Siap Dibentuk”. Dalam ibadah ini, Pdt. Peter mengingatkan bahwa sebagai satu komunitas, setiap orang siap membuka hati dan pikiran untuk dipulihkan, ditolong, dan dibentuk. Setelah ibadah selesai, peserta mengambil makan siang dan menuju ke kamar masing-masing untuk beristirahat sejenak. Setelah istirahat, peserta kembali mengikuti kegiatan. Kali ini peserta dibagi ke dalam dua kelompok di dua ruangan yang berbeda. Di ruang A sesi 1 dibawakan oleh Pdt. Em. Robby I. Chandra dan di ruang B dibawakan oleh Pdt. Peter Abet Nego Wijaya. Para peserta sangat menikmati sesi yang ada karena dibarengi dengan berbagai aktivitas yang dibawakan oleh para pembicara. Setelah sesi 1 selesai, peserta kemudian dibagi berdasarkan divisi masing-masing. Mereka diminta untuk duduk membentuk lingkaran dan menjawab pertanyaan yang sudah diberikan oleh fasilitator. Pertanyaan-pertanyaan tersesbut adalah pertanyaan-pertanyaan yang membuat tiap karyawan terbuka satu dengan yang lainnya. Di akhir sesi ini, mereka diminta untuk saling mendoakan satu dengan yang lainnya.

Di malam harinya, diadakan refleksi pribadi dengan model peribadahan Taize. Pembicara yang membawakan sesi ini adalah Pdt. Em. Robby I. Chandra. Tiap peserta juga diminta untuk mengambil satu buah lilin yang nantinya akan dinyalakan. Lilin yang dinyalakan ditaruh di lantai hingga berbentuk salib. Kemudian, peserta dipersilahkan untuk berdoa secara pribadi di samping lilin sembari diiringi iringan musik. Tentu, suasana begitu hikmat dan banyak dari peserta yang tidak kuat menahan kesedihan mereka. Setelah itu, peserta kembali ke kamar untuk beristirahat. Hari kedua dimulai dengan renungan di kamar masing-masing. Renungan sudah disebarkan melalui website yang ada. Setelah itu, peserta diminta untuk kumpul di halaman parkiran untuk melaksanakan senam bersama. Setelah senam, peserta sarapan dan bersiap-siap untuk mengikuti sesi kedua. Sebelum sesi kedua dimulai, fasilitator mengajak semua peserta untuk ice breaking agar peserta semangat untuk mengikuti sesi kedua. Setelah itu, sesi 2 dimulai dengan pembicara Pdt. Agus Gunawan. Kembali, tema yang dibawakan oleh pembicara adalah tema pada acara kali ini yaitu “Walking Together, Growing Together”. Sesi ini juga dibarengi dengan aktivitas yang membuat hubungan antar karyawan semakin erat karena dibutuhkan kerja sama. Setelah sesi selesai, tibalah di penghujung kegiatan kali ini. Ibadah penutup dibawakan oleh Pdt. Agus Gunawan dengan tema “Finsihing Well”. Pdt. Agus mengajak semua peserta untuk menjadi suluh dunia (Brighten the Corner Where You Are). Setelah ibadah, peserta mengambil foto drone secara bersama-sama dan pulang ke tempat asal. Sungguh kegiatan yang meningkatkan moral kerja sama dan kebersamaan antar karyawan. JRN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *